HOME | Tempat Jajanan Asyik | Resep Masakan Khas | Kalender Wisata | Jalan Jalan Yuk

Wednesday, January 18, 2012

Maswings Buka Rute Pontianak - Kuching

PONTIANAK - Semakin banyak masyarakat Kalbar yang ke Kuching, Malaysia dinilai tidak diimbangi dengan peningkatan sarana transportasi, khususnya penerbangan. Saat ini hanya ada dua maskapai yang melayani penerbangan Pontianak-Kuching. “Setiap tahunnya jumlah orang Kalbar yang datang ke Kuching terus bertambah. Terutama yang ingin berobat,” ujar Konsul Malaysia di Pontianak, Khairul Nazran, kemarin (17/1).


Untuk di Kuching Specialist Hospital saja, kata Khairul, setiap bulannya sekitar 300 orang Kalbar berobat. Belum lagi di rumah sakit lain dan tujuan lainnya. “Belum termasuk pelancong dan pendidikan,”Hal itulah yang mendorong Malaysia Airlines membuka jalur penerbangan baru Pontianak-Kuching. Yakni Maswings dengan pesawat ATR yang bakal melayani penumpang Pontianak-Kuching dan sebaliknya. “Saat ini hanya ada Batavia dan Kalstar penerbangan yang melayani penumpang Pontianak-Kuching. Sekarang kami juga akan melayani rute yang sama,” kata Regional Vice President Sales Marketing Regional Management Maswings, Shauqi Ahmad.

Maswings akan melakukan penerbangan perdana pada 6 Februari mendatang. Sejak saat itu, setiap harinya maskapai ini akan terbang pulang pergi Kuching-Pontianak. “Kami tetap berani membuka rute ini karena penumpang terus bertambah walau sudah ada dua maskapai,” ungkapnya. Pesawat jenis ATR yang akan digunakan Maswings, dikatakan Shauqi, baru dibeli Malaysia Airline dari Paris, Prancis setahun yang lalu. Beberapa keunggulan disebutkannya akan memanjakan penumpang di dalamnya. “Ini pesawat baru, penumpang akan nyaman terbang bersamanya,” katanya.

Meski sudah ada dua maskapai melayani penerbangan Pontianak-Kuching, Shauqi mengaku akan dipakai penumpang karena waktu keberangkatannya pagi. Dari Kuching berangkat pukul 08.30 waktu Malaysia dan tiba di Pontianak pukul 08.15. Kemudian berangkat dari Pontianak berangkat pukul 08.40, tiba di Kuching pukul 10.45. “Kalau mau lanjut ke KL ada lima penerbangan dari Kuching. Nanti juga kami buka penerbangan Kuching-Brunai,” paparnya.Calon penumpang bisa memperoleh tiket melalui internet dan di travel agent. “Tapi kalau di travel agent biasanya lebih mahal,” ujarnya. (hen)

Sumber Pontianak Post

0 comments:

Post a Comment