HOME | Tempat Jajanan Asyik | Resep Masakan Khas | Kalender Wisata | Jalan Jalan Yuk

Tuesday, December 6, 2011

Razia Tidak Bikin Kapok

SIMPATIK: Petugas Polantas terus melakukan pembinaan terhadap mengendara. Dengan simpatik di tengah kepadatan lalulintas, menegur atau memberi isyarat. MUJADI/PONTIANAKPOST
PONTIANAK - Satuan Polisi Lalu Lintas Polresta Pontianak mengintensifkan operasi razia kendaraan. Memeriksa kelengkapan surat kendaraan maupun pengendara. Guna mengupayakan tertib lalu lintas di jalan raya dan mencegah timbulnya tindak kejahatan di jalan.  Meski operasi sering digelar tetap banyak pengendara terjaring. Seperti pada Senin (5/12), Sat lantas Polresta harus mengeluarkan sebanyak 99 surat tilang. Tingkat kesalahan beragam. Antara lain tidak mengantongi surat izin mengemudi (SIM) dan kendaraan tidak dilengkapi dengan spion.

Kasat Lantas Polresta Pontianak Komisaris Boy Samola mengatakan penegakan hukum akan terus diambil. Mengingat masih banyak ditemui pelanggaran lalu lintas. Pengendara mengabaikan aturan. Atau tidak mengantongi SIM. Padahal secara jelas telah di atur dalam Undang-Undang.Menurut dia, sosialisasi sudah sering disampaikan. Melalui pemasangan spanduk, pembagian brosur hingga bekerjasama dengan stakeholder. Sepenuhnya untuk meningkatkan kesadaran dan menumbuhkan budaya tertib lalu lintas. Karena keselamatan di jalan raya amat ditentukan perilaku ketika berkendara.

Dia menambahkan, permasalahan lalu lintas amat membutuhkan dukungan masyarakat. Seperti tumbuh kesadaran tidak melanggar aturan lalu lintas. Selain ikut mensosialisasikan tentang aturan yang diwajibkan kepada pengendara. “Misal mulai di lingkup keluarga. Tentu sangat membantu,” kata Kasat.Menurut Kasat, penilangan sepenuhnya merupakan upaya terakhir. Karena pengendara bisa menghindari tindakan hukum. Asal mentaati aturan. Misal menghidupkan lampu pada siang hari. “Pengendara banyak ditemukan masih enggan menyalakan lampu,” kata Boy.

Dia menambahkan razia kendaraan akan gencar dilaksanakan. Tidak sebatas memeriksa kendaraan. Namun ikut mengupayakan dalam menekan tindak kejahatan. “Kita menaruh perhatian terhadap kejahatan konvensional. Pencurian dengan kekerasan, pemberatan, dan pencurian sepeda motor. Mewaspadai tindak kejahatan juga menjadi bagian dari razia kendaraan. Ini sesuai perintah Kapolda,” kata Boy.

Sumber : Pontianak Post

0 comments:

Post a Comment